Buko Pandan, Dessert Philipina yang lagi Viral

4/23/2021 09:54:00 PM Zaenab 19 Comments

Assalamualaikum....
Hello foodies, postinganku kali ini akan membahas tentang masak memasak makanan penutup khas Philipina yang sekarang ini lagi viral dan menjadi menu pilihan untuk berbuka puasa.

Yaps buko pandan / Salad Buko ini adalah makanan penutup, salad buah khas Philipina yang isinya terdiri dari potongan kelapa muda segar (Buko) dengan susu manis atau krim dan berbagai bahan lainnya. Ini adalah salah satu makanan penutup Philipina paling populer dan ada di mana-mana disajikan selama perayaan dan pesta pesta. (Sumber: Wikipedia)

Semenjak Buko Pandan ini viral dan menghiasi dunia perkulineran untuk kategori hidangan penutup, engga jarang banyak beberapa orang yang mulai mengkreasikan buko pandan tersebut sesuai dengan kreasinya sendiri dan kesukaannya. Dan setelah ku melihat beberapa menu buko pandan yang berseliweran di sosial media, banyak kreasi buko pandan yang 90%nya hanya berisi agar agar saja, karena daging kelapa digantikan dengan agar agar rasa kelapa, jadi seperti makan agar agar dengan cara yang baru.


Karena banyaknya resep yang berseliweran di sosial media, akhirnya aku mencoba untuk mengkreasikan sendiri bahan bahan untuk membuat buko pandan tersebut, berikut resep buko pandan versi aku a.K.a Bunda Ibra :

Bahan:
• 1 saschet Agar agar rasa Kelapa
• 1 sachet Agar agar Hijau
• Daging kelapa
• Sagu Mutiara
• Nata de coco
• Air Kelapa
• 1 Kaleng susu evaporasi
• Pasta Pandan secukupnya
• Tepung maizena 
• Gula secukupnya

Cara membuat :
- Buat agar agar terlebih dahulu, Campurkan tepung agar dan gula pasir aduk rata, lalu tuang air, masak hingga mendidih, taruh di wadah datar biarkan hingga dingin lalu potong kecil-kecil.
- Rebus sagu mutiara dan campurkan sedikit pasta pamdan, hingga menjadi lunak dan mengembang, diamkan hingga dingin lalu aduk supaya tidak menggumpal.
- Campurkan 1 kaleng susu evaporasi, air kelapa, tepung maizena cair, gula dan pasta pandan secukupnya, lalu aduk rata sampai mengental menggunakan api kecil.
- Siapkan wadah, isi dengan agar agar kelapa, agar agar hijau, daging kelapa, nata de coco, dan sagu mutiara.
- kemudian tuangkan buko creamy dan tambahkan topping keju parut diatasnya. Simpan buko pandan di kulkas sampai dingin. Buko pandan siap di hidangkan dan dinikmati.
- Selesai

Buat kalian yang suka banget dengan dessert yang mengenyangkan bisa banget untuk mencoba buat buko pandan ini, atau bisa dijadikan menu buka puasa nanti. 
Selamat mencoba ~

Sekian post masak memasaku tentang Resep Buko Pandan :)
Tunggu cerita masak memasaku selanjutnya yaa, Salam Foodies.

Walaikumsalam wr. wb.
Salam Kenyang


Zaenab Nur Aini


Not allowed to Copy & Paste without permission
Copyright of  Zaenabnuraini.blog
IG: zaenabnuraini & CoupleJajanTrip | #CoupleJajanTrip | Email: zaenabnuraini@gmail.com




19 comments:

  1. Waaah boleh nih izin recook yah mom

    ReplyDelete
  2. Pengen banget bikin tapi megerannya ini ngga ilang-ilang 😜

    ReplyDelete
  3. Pgen bkin, tp bocil lg aktf2nya ga smpet2😭

    ReplyDelete
  4. Wah boleh nih jd menu buka puasa... Tq buat resep nya yaa

    ReplyDelete
  5. Boleh recook gak mom? Kepengen nyobain belom sempet hahaha

    ReplyDelete
  6. ini jd minuman favorit klbuat buka puasa , syegeeeer hehehe

    ReplyDelete
  7. Izin recook ya moms, seger nih pas dibuat buka puasa

    ReplyDelete
  8. Aku boleh recook y mam.
    Nyari nyari resep doang dari kemaren,tapi ga eksekusi eksekusi

    ReplyDelete
  9. bikin ngilerrrr... cakep nih buat menu berbukaa

    ReplyDelete
  10. Ternyata ini viral dari Philipina ya. Cobain ah

    ReplyDelete
  11. Aku izin recook menu viral ini😍

    ReplyDelete
  12. Wah nambah nih pilihann menu buat buka puasaaa

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen buru buru eksekusi udah kebayang gimana yummi nya

    Sri lestari

    ReplyDelete
  14. Yaallah enak ni, auto recook ah.

    ReplyDelete
  15. Wah kayanya enak nih buat menu puasa, izin pake resepnya ya mom, maaci😍

    ReplyDelete
  16. aseli dari kemaren penasaran banget sama buko pandan. malah gak kesampean terus belinya. kapan-kapan buat ah, makasi mom resepnya

    ReplyDelete
  17. Wah aku izin nyontek resepnya ya mom

    ReplyDelete
  18. Baru tauu, ternyata Buko Pandan itu sejenis salad yaaa,,, πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  19. Nah iyaa ini lg viraal banget. Makasih resepnya mom

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca dan sudah meninggalkan komentarnya :) :)